Jumat, 08 April 2011

Transjakarta Bisa Jadi BRT Terbaik Di Dunia

transjakarta
Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) , sebuah lembaga asal New York ini menilai kalau Transjakarta punya potensi menjadi sistem Bus Rapid Transit terbaik di dunia. Benarkah?


Oleh : Dimas Setyawan


Executive Director ITDP New York, Walter Hook, menilai dalam perkembanganya sekarang, sistem Bus Tranjakarta merupakan sistem BRT yang memiliki ruang layanan yang paling panjang di dunia. 
Sama seperti sistem BRT lain di belahan dunia, Transjakarta juga harus terus-menerus melakukan penyesuaian-penyesuaian, salah satunya penambahan jalur baru.


Meskipun ini terdengar membanggakan bagi Jakarta, tentu saja ini kemudian menjadi suatu pertanyaan besar bagi warga Jakarta itu sendiri. Apakah benar seperti itu yang terlihat?.
Kita tentu masih ingat betapa panjang nya dan lamanya kita mengantri busway. Atau mungkin kita sudah lupa berapa kali Busway datang tepat waktu dalam sehari. Belum lagi armada yang ugal-ugalan atau meledak di tengah jalan karena minimnya perawatan.

Tapi kalian nampaknya sudah mulai bisa bernafas lega teman-teman. Pemprov DKI kali ini tidak hanya berwacana dan sekedar melempar isu-isu pencitraan, karena kabarnya pemprov DKI dan lembaga ITDP sudah melakukan perbaikan sistem di transjakarta dan bahkan sudah menunjukan banyak perkembangan.

“Saat ini kami sedang bekerjasa bersama staf Fauzi Bowo untuk meningkatkan pelayanan busway. Kami senang karena melihat sudah ada kemajuan dalam sistem tersebut, contohnya jalur busway yang sekarang lebih kuat dari sebelumnya yang gampang pecah,” kata Walter, usai menghadap Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo terkait program "Bus Rapid Transit & Pedestrian Improvements Project in Jakarta" di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (4/4).

Kemajuan lainnya, ungkap Walter, adalah pembukaan koridor IX dan X serta penggunaan bus gandeng. Dia mengharapkan akan ada lebih banyak lagi bus gandeng yang digunakan diseluruh koridor busway, karena bus gandeng sangat berguna untuk menguraikan penumpukan penumpang di halte maupun dalam bus Transjakarta.

Selain menambah koridor dan armada, kabarnya pemprov DKI bersama ITDP juga akan melakukan penambahan fasilitas penunjang seperti feeder busway. Ya, memang feeder busway merupakan salah satu faktor penunjang kesuksesan sistem transportasi ini. Bagaimana penumpang bisa memilih busway kalau tidak ada akses yang jelas menuju ke sana?.

Menarik untuk kita tunggu apakah wacana ini terus berlanjut, atau hanya sekedar wacana pencitraan bagi pemprov DKI Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar